Gunung Kelud berstatus waspada, BPBD Jatim mulai siaga



Gunung Kelud berstatus waspada, BPBD Jatim mulai siaga

at4rt.blogspot.com - Status Gunung Kelud meningkat dari status normal menjadi waspada. Akses menuju lokasi di radius dua kilometer ditutup. Sementar pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mengambil langkah pra-bencana.

Untuk itu, BPBD Jawa Timur hari ini mengundang pihak BPBD Kabupaten Kediri, Blitar dan Malang untuk membicarakan status waspada gunung merapi yang memiliki ketinggian 1.731 Mdpl itu.

Sementara langkah pra-bencana yang dilakukan BPBD Jawa Timur adalah, salah satunya melakukan update Rencana Kontinjensi (Rekon) di wilayah Kediri, Blitar dan Malang. Menurut Kepala BPBD Jawa Timur, Sudarmawan, Rekon tersebut untuk mengetahui perkembangan yang sudah ada.

"Hari ini kami mengumpulkan beberapa elemen di sekitar Gunung Kelud untuk melakukan update Rekon atas peningkatan status Gunung Kelud," kata Sudarmawan, Senin (3/1).

Mantan Sekda Kabupaten Bangkalan ini menjelaskan, beberapa elemen dilibatkan dalam pembicaraan itu adalah, PVMBG Bandung, Deputi Penanganan Bencana BNPB, Jangkar Kelud (LSM Peduli Gunung Kelud), Kesbangpol Kediri, BPBD Blitar, Malang, serta Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Jawa Timur.

"Yang di-update dalam Rekon itu adalah bagaimana kondisi sosial masyarakat sekitar wilayah Gunung Kelud, bagaimana perekonomiannya di masing-masing wilayah. Termasuk rencana jalur evakuasi ketika bencana itu terjadi," jelasnya.

Saat ini, Gunung Kelud sudah berstatus waspada. Untuk itu, pada radius 2 kilometer dari kawah dilarang masuk bagi masyarakat. "Dan saat ini, BPBD Jatim masih melakukan update Rekon," ujarnya.

Sesuai rekam jejak aktivitas di Gunung Kelud, gunung itu memiliki siklus letusan 12 hingga 15 tahun sekali. Data yang dimiliki BPBD Jawa Timur sendiri menyebutkan, gunung berapi yang berada di wilayah tiga kabupaten itu mulai meletus pada tahun 1901, 1919, 1951, 1966, 1990 dan terakhir pada 16 Oktober 2007. Dan pada letusan terakhir itu, danau kawah Gunung Kelud berubah seiring munculnya kubah lava.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment