Macam-Macam Periferal Komputer dan Fungsinya

Komputer saat ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Kadang kala, komputer juga dianggap sebagai kebutuhan utama dari pengguna. Maka tak heran, jika sebagian besar orang memiliki komputer di rumahnya. Namun, tidak semua orang juga mengetahui apa saja yang berhubungan dengan komputer, atau yang biasa disebut sebagai periferal komputer.
Periferal komputer adalah beberapa alat pendukung untuk mengoperasikan komputer atau tambahan alat yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan kegunaan komputer. Nah, sebagian besar orang tidak mengenali semua periferal komputer yang ada. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel tentang macam macam periferal komputer dan fungsinya yang bisa dibaca dibawah ini.

Macam Macam Periferal Komputer Beserta Fungsinya

1. Monitor
monitor
Monitor adalah periferal utama yang harus ada sebagai pendamping komputer. Karena jika anda tidak memiliki monitor, maka komputer anda tidak akan sempurna. Monitor berfungsi sebagai untuk menampilkan hasil proses yang kita lakukan sebelumnya. Sebelumnya, monitor hanya memiliki warna hitam putih. Namun sekarang memiliki berjuta warna, sehingga menciptakan inovasi monitor seperti monitor layar sentuh.
2. Keyboard
keyboardKeyboard adalah salah satu pendukung untuk menggunakan komputer. Dengan keyboard ini, anda dapat memasukkan input huruf, angka, simbol, atau lainsebagainya. Selain itu juga, bisa berguna untuk memberikan perintah untuk melakukan aktivitas di komputer seperti menutup, membuka, ataupun menyimpan.



3. Mouse
mouse
Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, mouse berarti tikus. Namun itu bukan tikus asli, melainkan hanya bentuknya saja yang menyerupai tikus. Mouse berfungsi sebagai pengendali kursor atau pointer. Mouse sendiri biasanya dilengkapi dengan 2 tombol atau lebih dan juga scroll yang memudahkan anda untuk melakukan aktivitas dengan komputer.





4. Printer
printer
Printer adalah salah satu alat cetak yang bisa anda gunakan untuk menampilkan hasil kerja anda dalam bentuk kertas. Printer ini sering digunakan oleh siapapun di jaman sekarang. Ada banyak jenis printer yang bisa anda pilih tergantung dari kebutuhan.
5. Speaker
speaker
Speaker adalah alat output suara yang berfungsi sebagai mengeluarkan suara dari proseso yang kita lakukan seperti mengeluarkan musik, suara error, ataupun suara lain.
6. LCD Proyektor
Mungkin dari kalian sudah mengetahui proyektor ini. Proyektor sendiri berfungsi untuk memproyeksikan gambar atau tampilan yang berada di komputer kita ke sebuah layar atau dinding yang disediakan. Sehingga gambar akan nampak lebih besar dan dapat dilihat oleh orang banyak.
LCD Proyektor
Itulah beberap macam periferal komputer yang bisa sayasampaikan. Sebenarnya masih banyak periferal komputer yang berhubungan dengan komputer. Namun yang lebih utama adalah beberapa contoh diatas. Oke, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi anda. Selamat membaca artikel Macam Macam Periferal Komputer.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment